Liturgia Verbi 2021-01-05 Selasa.

Liturgia Verbi (B-I)
Hari Biasa Sesudah Penampakan Tuhan

Selasa, 5 Januari 2021



Bacaan Pertama
1Yoh 4:7-10

"Allah adalah kasih."

Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes:

Saudara-saudaraku terkekasih,
marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah,
dan setiap orang yang mengasihi,
lahir dari Allah dan mengenal Allah.
Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah,
sebab Allah adalah kasih.
Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita,
yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dunia,
supaya kita hidup oleh-Nya.
Inilah kasih itu:
Bukan kita yang telah mengasihi Allah,
tetapi Allahlah yang telah mengasihi kita
dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai silih bagi dosa-dosa kita.

Demikianlah sabda Tuhan.



Mazmur Tanggapan
Mzm 72:2.3-4ab.7-8,R:11

Refren: Segala bangsa di bumi, ya Tuhan
sujud menyembah kepada-Mu.

*Ya Allah, berikanlah hukum-Mu kepada raja,
dan keadilan-Mu kepada putera raja!
Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan
dan menghakimi orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum!

*Kiranya gunung-gunung membawa damai sejahtera bagi bangsa,
dan bukit-bukit membawa kebenaran!
Kiranya ia memberikan keadilan kepada orang-orang
yang tertindas dari bangsa itu;
kiranya ia menolong orang-orang miskin.

*Kiranya keadilan berkembang dalam zamannya
dan damai sejahtera berlimpah, sampai tidak ada lagi bulan!
Kiranya ia memerintah dari laut ke laut,
dari sungai Efrat sampai ke ujung bumi!



Bait Pengantar Injil
Luk 4:18-19

Tuhan mengutus Aku menyampaikan kabar baik
kepada orang-orang miskin,
dan memberitakan pembebasan
kepada orang tawanan.



Bacaan Injil
Mrk 6:34-44

"Dengan mempergandakan roti, Yesus menyatakan dirinya sebagai nabi."

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus:

Begitu banyak orang mengikuti Yesus.
Ketika Yesus melihat jumlah orang yang begitu banyak,
tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka,
karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala.
Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.
Ketika hari mulai malam,
datanglah murid-murid Yesus kepada-Nya dan berkata,
"Tempat ini sunyi, dan hari sudah mulai malam.
Suruhlah mereka pergi
supaya mereka dapat membeli makanan
di desa dan kampung-kampung di sekitar ini."
Tetapi jawab Yesus,
"Kamu harus memberi mereka makan!"
Kata mereka kepada-Nya,
"Jadi, haruskah kami pergi membeli roti hanya dengan dua ratus dinar
dan memberi mereka makan?"
Tetapi Yesus berkata kepada mereka,
"Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!"
Sesudah memeriksanya, mereka berkata,
"Lima roti dan dua ikan."

Lalu Yesus menyuruh orang-orang itu
supaya semuanya duduk berkelompok-kelompok
di atas rumput hijau.
Maka duduklah mereka berkelompok-kelompok,
ada yang seratus, ada yang lima puluh orang.
Setelah mengambil lima roti dan dua ikan itu,
Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat,
lalu memecah-mecahkan roti itu
dan memberikannya kepada para murid,
supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu;
begitu juga ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada mereka semua.
Dan mereka semua makan sampai kenyang.
Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti:
dua belas bakul penuh, belum termasuk sisa-sisa ikan.
Yang ikut makan roti itu ada lima ribu orang laki-laki.

Demikianlah sabda Tuhan.




Renungan Injil
Hari ini kita masih membahas tentang manifestasi Allah, yang sebelumnya tak kelihatan sekarang menjadi terlihat.
Salah satu tandanya adalah Kasih Kristus, yang telah dinyatakan oleh Yesus dan diwariskan turun-temurun sampai sekarang.

Salah satu "kelemahan" Yesus, menurut kacamata manusia, Yesus itu gampang sekali berbelas-kasih, tak kuasa untuk diam ketika melihat orang susah.
Dari Bacaan Injil hari ini terlihat jelas, hati Yesus tergerak oleh belas-kasihan melihat orang banyak belum makan gegara mendengarkan ajaran Yesus, tak tak ada makanan tersedia di sekitar tempat itu.

Rasul Yohanes mengatakan, "Kasih itu berasal dari Allah, dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah."
Bukan karena kita mengasihi Allah lalu Allah membalas kasih kita itu.
Allah mengasihi manusia ciptaan-Nya tanpa melihat apakah orang itu baik dan layak untuk dikasihi atau tidak.
Orang berdosa tetap dikasihi Allah.
Masalahnya, ada orang yang tak mau membalas kasih Allah, sekali pun ia telah menerima kasih Allah.
Mengutus Akan-Nya sebagai silih dosa manusia adalah kasih yang nyata, yang seharusnya menghasilkan sukacita dan dipenuhi rasa syukur bagi manusia.

Nah, jika kita mempunyai kasih terhadap sesama, sesungguhnya kita telah menerima kasih Allah itu, karena memang benar kasih itu berasal dari Allah.
Jika kita mengasihi seseorang, sesungguhnya Allah telah hadir dalam hidup kita, karena kasih itu adalah wujud manifestasi Allah.
Kita tidak melihat Allah tetapi kita dapat merasakan kasih-Nya hadir dalam hidup kita.

Persoalannya, supaya bisa mengasihi maka perlu ada orang yang menerima kasih kita itu, dan yang paling berhak menerima kasih kita adalah keluarga kita sendiri.
Apa iya kita mengasihi orang lain melebihi kasih kita kepada keluarga sendiri?
Aneh saja, kalau ada orang yang dikenal penuh belas-kasih padahal terhadap istri dan anak-anaknya ia jauh dari yang namanya mengasihi.
Dan jangan lupa, kasih itu milik Allah, berasal dari Allah.
Maka janganlah kita mengharapkan pamrih atau meminta balas-jasa dari orang yang menerima kasih Allah itu, bukan hak kita untuk menuntut pamrih.

Lalu bagaimana agar kasih Allah yang telah kita terima itu dapat bekerja dengan baik, dapat menghasilkan buah-buah roh?
Tak bisa dengan diam saja, karena kasih itu akan menjadi mubazir, tak ada gunanya.
Perlu ada inisiasi dari kita untuk menyalurkan kasih Allah kepada sesama kita.
Seperti para murid yang mengumpulkan 5 roti dan 2 ikan sebagai inisiasi.
Jumlah roti dan ikan memang jauh dari cukup untuk ribuan orang yang sedang berkumpul itu.
Lima roti dan dua ikan itu hanyalah inisiasi belaka, selebihnya kasih Allah akan bekerja untuk menggandakannya.
Maka, marilah kita rajin-rajin mengadakan inisiasi agar semakin banyak buah roh yang dapat dihasilkan.
Cobalah untuk hening sejenak, lalu dengarkan Yesus bertanya kepada kita, "Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!"



Peringatan Orang Kudus
Santo Simeon Stylites Tua, Pertapa
Simeon Stylites Tua lahir di Silicia pada tahun 390. Ia tinggal bersama orang tuanya di daerah pinggiran kota Syria. Ketika menanjak remaja, kira-kira pada tahun 402, ia menjalani kehidupan membiara di sebuah biara pertapaan yang tidak jauh dari kampung halamannya.
Meski masih berusia muda, ia tidak merasa berat dengan praktek askese yang berlaku di biara itu. Ia bahkan menjalankan suatu bentuk askese yang lebih berat daripada yang dipraktekkan oleh rekan-rekannya. Oleh karena praktek askesenya tampak sangat keras maka pemimpin biara mengeluarkan dia dari biara itu. Keputusan pahit ini dimaksudkan agar rekan-rekannya yang lain tidak terpengaruh oleh praktek askese buatan Simeon itu.
Simeon meninggalkan biara pertapaan itu dan pergi ke sebuah biara yang terletak di gunung Telanisse. Setelah tiga tahun berada di biara Telanisse, ia memutuskan pindah ke puncak gunung itu. Di sana pada tahun 423, ia mendirikan sederetan tiang sebagai tempat tinggalnya. Di atas tiang-tiang itu, ia menjalankan askesenya hingga saat kematiannya.
Banyak orang datang kepadanya untuk meminta bimbingan rohani dan mendengarkan kotbah serta pengajarannya. Tak terkecuali kaisar dan para patriark. Ia meninggal dunia pada tanggal 2 September 459 di atas puncak gunung Telanisse.

Beato Yohanes Nepomuk Neumann, Uskup
Yohanes Nepomuk Neumann lahir pada tanggal 28 Maret 1811 di desa Prachatitz, Bohemia. Ia belajar di Prachatitz dan Budweis. Cara hidup keluarganya yang saleh dan taat agama membuat dia tertarik pada cara hidup sebagai seorang imam.  Untuk mencapai cita-cita imamat itu, ia masuk Seminari Diosesan di Budweis pada tahun 1831. Selama belajar di Seminari Budweis, ia rajin membaca laporan-laporan karya para misionaris Austria di Amerika Serikat. Lama kelamaan dalam hatinya timbul keinginan untuk berkarya di Amerika seperti misionaris-misionaris itu.
Untuk maksud itu ia pindah dari Seminari Budweis ke Fakultas Teologi Universitas Praha pada tahun 1833. Demi keberhasilan studinya dan karyanya nanti, ia dengan tekun mempelajari sendiri bahasa Prancis dan Inggris. Pendidikan di Universitas Praha diselesaikannya dengan gemilang pada tahun 1835. Pada waktu itu dioses Budweis memiliki banyak imam. Oleh karena itu, ia tidak mau segera menjadi imam setelah menyelesaikan studi teologinya. Ia sendiri terus belajar di rumah sambil menanti saat pentahbisannya.  Ketika mendapat panggilan untuk berkarya di Amerika, ia segera berangkat tanpa menunggu hari tahbisannya di tanah airnya. Ia tiba di New York pada bulan Juni 1836 dan ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 25 Juni 1836 oleh Yohanes Dubois, Uskup New York. Ia ditempatkan di Buffalo dan melayani umat di North Bush (sekarang Kenmore), Williamsville, Lancaster dan beberapa wilayah lain di sekitar Buffalo.
Pada tahun 1840, ia memutuskan untuk menjadi seorang imam dalam Serikat Redemptoris.  Ia diterima dalam serikat itu pada Januari 1842 dan ditempatkan di Gereja Santo Yakobus Baltimore sampai Maret 1844.  Usaha-usahanya untuk memajukan Gereja membuat namanya terkenal luas di kalangan para imam dan umat.
Pada bulan Maret 1852 ia diangkat menjadi Uskup Philadelphia oleh Sri Paus Pius IX. Tugas kegembalaannya dijalankannya dengan penuh semangat. Secara teratur ia mengunjungi semua paroki untuk mendorong para imam dan kaum awam dalam usaha penyebaran Injil dan perkembangan Gereja. Selama masa kepemimpinannya, lebih dari 80 gereja di bangun; jumlah sekolah ditingkatkan; sebuah seminari didirikan di Glen Riddle; lima tarekat religius baru untuk wanita dan tiga untuk pria dipekerjakan di dalam diosesnya; pembangunan katedral Santo Petrus dan Paulus di Logan Square, Philadelphia selesai; ia mendirikan sebuah cabang baru dari Ordo Ketiga Santo Fransiskus bagi para Suster.  Selain itu, Uskup Neumann mengadakan tiga kali sinode untuk para imamnya, membantu penyusunan dan pemakluman dogma tentang perkandungan Maria tanpa noda dosa asal di Roma pada tahun 1854.
Uskup Neumann meninggal dunia di Philadelphia pada tanggal 5 Januari 1860. Proses beatifikasi atas dirinya dimulai pada tahun 1886.  Pada tanggal 13 Oktober 1963, ia dinyatakan sebagai "Beato" oleh Sri Paus Paulus VI (1963-1978).



http://liturgia-verbi.blogspot.co.id/