Liturgia Verbi 2016-11-22 Selasa.




Selasa Pekan Biasa XXXIV
22 November 2016

PW S. Sesilia, Perawan dan Martir



Bacaan Pertama
Why 14:14-20

"Sudah tiba saatnya untuk menuai, sebab tuaian di bumi sudah masak."

Pembacaan dari Kitab Wahyu:

Aku, Yohanes, melihat, sesungguhnya ada awan putih.
Di atas awan itu duduk seorang seperti Anak Manusia
dengan sebuah mahkota emas di atas kepala-Nya
dan sebilah sabit tajam di tangan-Nya.

Lalu keluarlah seorang malaikat lain dari Bait Suci.
Ia berseru dengan suara nyaring
kepada Dia yang duduk di atas awan itu,
"Ayunkanlah sabit-Mu itu dan tuailah,
karena sudah tiba saatnya untuk menuai,
sebab tuaian di bumi sudah masak."
Maka Dia yang duduk di atas awan itu,
mengayunkan sabit-Nya ke atas bumi,
dan bumi pun dituailah.
Lalu seorang malaikat lain keluar dari bait suci di surga.
Ia pun memegang sebilah sabit tajam.

Dan seorang malaikat lain datang dari mezbah.
ia berkuasa atas api,
dan ia berseru dengan suara nyaring
kepada malaikat yang memegang sabit tajam itu, katanya,
"Ayunkanlah sabitmu yang tajam itu
dan potonglah buah pohon anggur di bumi
karena buahnya sudah masak."
Lalu malaikat itu mengayunkan sabitnya ke atas bumi,
dan memotong buah pohon anggur di bumi
dan melemparkannya ke dalam kilangan besar, yaitu murka Allah.
Maka buah anggur itu dikilang di luar kota
dan dari kilangan itu mengalirlah darah,
tingginya sampai ke kekang kuda, dan jauhnya dua ratus mil.

Demikianlah sabda Tuhan.



Mazmur Tanggapan
Mzm 96:10-13,R:13b

Refren: Tuhan datang menghakimi bumi.

*Katakanlah di antara bangsa-bangsa:
"Tuhan itu Raja!
Dunia ditegakkannya, tidak akan goyah.
Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran."

*Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorai,
biar gemuruhlah laut serta segala isinya!
Biarlah beria-ria padang dan segala yang ada di atasnya,
maka segala pohon di hutan bersorak-sorai.

*Biarlah mereka bersukacita di hadapan Tuhan, sebab Ia datang,
sebab Ia datang untuk menghakimi bumi.
Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan,
dan bangsa-bangsa dengan kesetiaan-Nya.



Bait Pengantar Injil
Why 2:10c

Hendaklah engkau setia sampai mati, sabda Tuhan,
dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.



Bacaan Injil
Luk 21:5-11

"Tidak ada satu batu pun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain."

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Ketika itu beberapa orang berbicara tentang Bait Allah
dan mengagumi bangunan yang dihiasi dengan batu indah,
dan berbagai macam barang persembahan.
Tetapi Yesus berkata kepada mereka,
"Akan tiba harinya segala yang kalian lihat di situ diruntuhkan,
dan tidak akan ada satu batu pun
dibiarkan terletak di atas batu yang lain."

Lalu murid-murid bertanya,
"Guru, bilamanakah hal itu akan terjadi?
Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?"
Jawab Yesus, "Waspadalah, jangan sampai kalian disesatkan.
Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku,
dan berkata,
'Akulah Dia' dan 'Saatnya sudah dekat.'
Janganlah kalian mengikuti mereka.
Dan bila kalian mendengar kabar tentang perang dan pemberontakan,
janganlah kalian terkejut.
Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu,
tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera."

Kemudian Yesus berkata kepada mereka,
"Bangsa akan bangkit melawan bangsa
dan kerajaan melawan kerajaan.
Akan terjadi gempa bumi yang dahsyat,
dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan.
Dan akan terjadi juga
hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit."

Demikianlah sabda Tuhan.



Renungan Injil
Kita semua tentu telah mengetahui akan kedatangan kembali Tuhan kita Yesus Kristus, bukan sebagai manusia melainkan datang dalam kemegahan-Nya sebagai Tuhan untuk melaksanakan hari penghakiman.
Kitab Wahyu pada Bacaan Pertama hari ini nampak mengarahkan kita kepada saat hari penghakiman itu.
Tetapi saya memandangnya sebagai sesuatu yang berbeda, bukan sebagai akhir jaman, melainkan sebagai masa panen, yang artinya bisa terjadi berulang-ulang.
Jika tuaian sudah masak, maka saat panen pun tiba.
Setelah panen berakhir, lalu disusul dengan masa tanam yang baru.

Tentu cukup menakutkan ketika kita melihat ada orang yang mengayun-ayunkan sabit yang tajam, padahal sabit diciptakan orang sebagai alat yang berguna untuk membantu kita, bukan sebagai alat yang menakutkan.
Memang demikian, hanya orang yang bersalah yang menjadi takut.
Ranting-ranting yang tidak menghasilkan buah, sudah sepantasnya dipangkas.

Marilah kita lihat ketika terjadi bencana, entah itu bencana alam atau pun bencana sosial, politik, atau pun bencana akibat wabah penyakit.
Nampaknya bencana tidak pandang bulu, yang baik dan yang jahat sama-sama menjadi korban.
Hal ini sulit kita terima karena nalar sebagai manusia akan mengatakan itu tidak adil, mengapa orang baik turut dijadikan korban?

Apakah banjir bandang, gunung meletus, gempa bumi, wabah penyakit atau kerusuhan masal mampu memilah-milah mana orang baik dan mana yang jahat?
Tidak, sama sekali tidak.
Semuanya turut dituai, turut dipanen.
Memang sejak awalnya tidak dilakukan pemisahan, seperti yang ditulis pada perumpamaan tentang ilalang di antara gandum, ketika hamba bertanya kepada tuannya,
"Maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu?"
maka dijawab,
"Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu.
Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai.
Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai:
Kumpulkanlah dahulu lalang itu
dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar;
kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku."

Inilah kunci jawaban atas ketidak-adilan yang kita rasakan.
Kematian, termasuk kematian akibat bencana, bukanlah akhir dari segala-galanya, melainkan adalah awal dari pemilahan gandum dari ilalang.
Bukankah kehidupan kekal adalah tujuan akhir kita?
Bukankah bencana adalah panen, dimana gandum akan dikumpulkan ke dalam lumbung Tuhan?

Oleh sebab itu, jangan lagilah kita merasa Tuhan tidak adil ketika mendapati orang baik dan orang jahat sama-sama menjadi korban, tetapi marilah kita memandang bencana itu sebagai panen, dimana gandum dikumpulkan ke dalam lumbung sedangkan ilalang diikat lalu dibakar.
Jika kita patuh kepada-Nya, tidaklah sampai kita akan dilemparkan ke dalam kilangan besar, yakni murka Allah, melainkan akan disongsong oleh malaikat Tuhan, untuk dihantar ke dalam lumbung Tuhan.



Peringatan Orang Kudus
Santa Sesilia, Perawan dan Martir
Cerita-cerita mengenai Sesilia kurang pasti dan jelas. Dalam buku 'Acta' (Cerita Kuno) yang berbau legenda, diceritakan bahwa Sesilia adalah seorang gadis Roma yang telah menjadi Kristen. Ia puteri bangsawan dari suku bangsa Coesilia, suku terkenal yang menghasilkan banyak pemimpin serta delapanbelas orang konsul untuk Republik Roma pada masa itu. Konon semenjak kecil ia telah berikrar kepada Allah untuk hidup suci-murni dan tidak menikah. Namun ketika sudah dewasa, orang-tuanya mempertunangkan dia dengan Valerianus, seorang pemuda yang berhati mulia dan jujur tetapi masih kafir.
Sebagai anak yang sudah menjelang dewasa, ia cukup bijaksana menghadapi ulah orang-tuanya. Ia tidak menoIak kehendak orang tuanya, kendatipun dalam hatinya ia terus berupaya mencari jalan bagaimana cara ia tetap mempertahankan ikrar kemurniannya. Ia yakin bahwa Tuhan yang Mahakuasa akan membantunya dalam niatnya yang baik itu. Dengan keyakinan itu, imannya tidak goyah sambil tetap menghormati kedua orang-tuanya. Ketika hari perkawinannya tiba, maka Sesilia mengikuti upacara sambil berdoa dan menyanyikan lagu-lagu rohani; sementara itu para tamu sudah datang dan bunyi musik pun sudah ramai terdengar. Seusai pesta perkawinan itu, ia bersama Valerianus memasuki kamar mereka sebagai suami-isteri.
Dengan berani Sesilia berkata kepada suaminya Valerianus: "Valerianus! Aku mau menceritakan kepadamu suatu rahasia pribadi. Aku mohon engkau mendengarkannya dengan sepenuh hati dan tetap menerima aku sebagai isterimu. Engkau harus tahu bahwa aku mempunyai seorang malaekat yang selalu menjaga aku. Jika engkau berani menyentuh aku sebagaimana biasanya dilakukan oleh suami-isteri yang sudah menikah secara resmi, maka malaekat itu akan marah dan engkau akan menanggung banyak penderitaan. Tetapi jika engkau menghormati keperawananku, maka malaekat pelindungku itu akan mencintai emgkau sebagaimana dia mencintai aku."
Kata Valerianus: "Tunjukkanlah malaekat itu kepadaku. Jika ia berasal dari Tuhan maka aku akan mengikuti kemauanmu." Jawab Sesilia: "Jika engkau percaya dan mau dibaptis menjadi Kristen, engkau akan melihat malaekat itu." Valerianus menyetujui usul Sesilia, isterinya. Ia disuruh menghadap Paus Urbanus, yang tinggal di Jalan Apia. Di sana ia mengalami suatu penampakan ajaib dan mendapat pengetahuan iman; lalu ia bertobat dan dipermandikan oleh Paus Urbanus.  Ketika ia kembali ke rumah, didapatinya Sesilia sedang berdoa didampingi seorang malaekat yang membawa 2 mahkota bunga: untuk Sesilia dan Valerianus. Valerianus sangat terharu menyaksikan peristiwa itu. Dengan itu apa yang dikehendakinya terpenuhi: ia melihat sendiri malaekat pelindung Sesilia, isterinya.
Pada waktu itu Kaisar Roma Diokletianus sedang giat mengejar dan menganiaya umat Kristen. Dengan rajin Sesilia dan Valerianus setiap hari menguburkan jenazah orang-orang Kristen yang dibunuh. Valerianus kemudian tertangkap dan dihukum mati bersama adiknya dan seorang tentara Romawi yang bertobat. Tak lama kemudian Sesilia juga ditangkap dan diadili. Ia menolak dengan tegas bujukan para penguasa. Maka ia disiksa dengan bermacam-macam cara, tetapi semuanya itu sia-sia saja. Akhirnya dia dipenggal lehernya dan wafat sebagai martir Kristus pada tahun 230.
Keberaniannya menghadapi kemartirannya membuat Sesilia tampil sebagai contoh gadis Kristen sejati, yang menjadikan hidupnya suatu madah pujian bagi Tuhan; ia dengan tegas dan gembira memilih keperawanan dan lebih senang mati daripada menyangkal cinta setianya kepada Kristus. Kemartirannya membuat banyak orang Roma bertobat dan mengimani Kristus. Dalam abad kelima di Roma didirikan sebuah gereja basilik untuk menghormatinya, dan devosi-devosi rakyat segera mengangkatnya sebagai pelindung paduan suara dan musik gerejawi.
Santo Filemon, Rekan Sekerja Santo Paulus
Filemon yang berarti 'yang mengasihi' adalah kawan dan teman sekerja Santo Paulus di Kolose, Turki. Ia seorang Kristen yang kaya raya di dalam jemaat Kolose. Rumahnya sering digunakan untuk merayakan Ekaristi Kudus.
Ia mempunyai seorang budak, bernama Onesimus. Karena sesuatu masalah Onesimus lari ke Roma. Di sana ia ditobatkan oleh Paulus. Setelah itu ia dikirim kembali kepada Filemon dengan sepucuk surat pengantar dari Paulus. Surat itulah 'Surat Filemon' yang diakui juga sebagai salah satu surat pastoral dalam Kitab Perjanjian Baru. Surat Filemon digolongkan ke dalam kelompok 'surat dari penjara'. Di dalamnya Paulus meminta kepada Filemon agar menerima kembali Onesimus. Paulus berharap untuk mempertahankan Onesimus selaku pengantar. Konon, Filemon yang dikenal dermawan ini menjadi uskup dan mati sebagai martir.




Liturgia Verbi, www.live.sandykusuma.info