Liturgia Verbi 2024-06-03 Senin.

Liturgia Verbi (B-II)
Hari Biasa, Pekan Biasa IX

Senin, 3 Juni 2024

PW S. Karolus Lwanga dan teman-temannya, Martir



Bacaan Pertama
2Ptr 1:1-7

"Yesus Kristus telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga.
Berkat Dia kalian boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi."

Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Petrus:

Dari Simon Petrus,
hamba dan rasul Yesus Kristus,
kepada mereka yang bersama-sama kami memperoleh iman
oleh karena keadilan Allah dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.
Semoga kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kalian,
oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus Tuhan kita.

Kekuasaan-Nya yang ilahi telah menganugerahkan kepada kita
segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh,
berkat pengenalan akan Dia,
yang memanggil kita dengan kuasa-Nya yang mulia.
Dengan cara demikian Ia telah menganugerahkan kepada kita
janji-janji yang berharga dan sangat besar.
Berkat janji-janji itu kalian boleh mengambil bagian
dalam kodrat ilahi,
dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

Justru karena itu kalian harus sungguh-sungguh berusaha
untuk menambahkan kepada imanmu: kebajikan,
dan kepada kebajikan: pengetahuan,
dan kepada pengetahuan: penguasaan diri,
kepada penguasaan diri: ketekunan,
dan kepada ketekunan: kesalehan,
dan kepada kesalehan: kasih akan saudara-saudara,
dan kepada kasih akan saudara-saudara: kasih akan semua orang.

Demikianlah sabda Tuhan.



Mazmur Tanggapan
Mzm 91:1-2.14-15ab.15c-16,R:2b

Refren: Ya Allahku, pada-Mulah aku percaya.

*Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi
dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa
akan berkata kepada Tuhan,
"Tuhanlah tempat perlindungan dan kubu pertahananku,
Allahku yang kupercayai."

*Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku,
maka Aku akan meluputkannya,
Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.
Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab,
Aku akan menyertai dia dalam kesesakannya.

*Aku akan meluputkan dia dan memuliakannya,
dengan umur panjang akan Kukenyangkan dia;
kepadanya akan Kuperlihatkan keselamatan
yang datang dari pada-Ku.



Bait Pengantar Injil
Why 1:5ab

Yesus Kristus, Engkaulah saksi yang setia,
yang pertama bangkit dari alam maut;
Engkau mengasihi kami dan mencuci dosa kami
dalam darah-Mu.



Bacaan Injil
Mrk 12:1-12

"Mereka menangkap dan membunuh putera kesayangan,
dan melemparkannya ke luar kebun anggur."

Inilah Injil Suci menurut Markus:

Pada suatu hari Yesus berbicara kepada imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan kaum tua-tua
dengan perumpamaan, kata-Nya,
"Adalah seorang membuka kebun anggur
dan menanam pagar sekelilingnya.
Ia menggali lubang tempat memeras anggur,
dan mendirikan menara jaga.
Kemudian disewakannya kebun anggur itu
kepada penggarap-penggarap,
lalu ia berangkat ke negeri lain.

Ketika sudah tiba musim panen,
ia mengutus seorang hamba kepada penggarap-penggarap itu
untuk menerima sebagian dari hasil kebun.
Tetapi hamba itu ditangkap dan dipukuli oleh para penggarap
lalu disuruh pergi dengan tangan hampa.
Kemudian pemilik kebun anggur itu menyuruh pula
seorang hamba lain kepada mereka.
Orang itu mereka pukuli sampai luka kepalanya,
dan sangat mereka permalukan.
Lalu pemilik itu  menyuruh seorang hamba lain lagi,
dan orang ini mereka bunuh.
Dan banyak lagi yang lain,
ada yang mereka pukul, dan ada yang mereka bunuh.

Kini tinggal satu orang, yakni puteranya yang kekasih.
Dialah yang akhirnya diutus kepada mereka,
sebab pikirnya, 'Puteraku pasti akan mereka segani.'
Tetapi penggarap-penggarap itu berkata seorang kepada yang lain, 
'Dia itulah ahli waris!
Mari kita bunuh dia, maka warisan ini menjadi milik kita.
Mereka menangkap dan membunuh dia,
lalu melemparkannya ke luar kebun anggur itu.
Sekarang apa yang akan dilakukan oleh pemilik kebun anggur itu?
Ia akan datang dan membinasakan penggarap-penggarap itu,
lalu mempercayakan kebun anggurnya kepada orang-orang lain.

Tidak pernahkah kamu membaca ayat ini:
Batu yang dibuang oleh para tukang bangunan
telah menjadi batu penjuru.
Itulah tindakan Tuhan, suatu hal yang ajaib dalam pandangan kita."

Lalu mereka berusaha untuk menangkap Yesus,
karena mereka tahu,
bahwa merekalah yang dimaksudkan-Nya dengan perumpamaan itu.
Tetapi mereka takut kepada orang banyak.
Maka mereka pergi dan membiarkan Yesus.

Demikianlah sabda Tuhan.




Renungan Injil
Sepintas nampaknya kita tidak akan mungkin melakukan kejahatan seperti yang dilakukan oleh para penggarap yang diceritakan dalam Injil hari ini, menyingkirkan siapa pun yang diutus oleh pemilik kebun anggur dengan tujuan agar kebun anggur itu menjadi milik sendiri, tetapi kenyataan yang terjadi menunjukkan ada banyak orang yang melakukan seperti para penggarap itu.
Di dalam dunia usaha telah terjadi, seseorang yang dulunya adalah karyawan di suatu perusahaan, menyingkirkan pemilik perusahaan dan menjadikan perusahaan itu sebagai miliknya, atau mendirikan perusahaan sejenis dan mematikan perusahaan di tempat ia bekerja sebelumnya.
Di dalam gereja sendiri juga terjadi, orang-orang mendirikan gereja berdasarkan keinginan sendiri, menganggap gereja adalah miliknya, menetapkan hal-hal baik menurut pikiran mereka sendiri.
Di dalam keluarga juga terjadi hal yang sama, orang-orang membangun dan mengelola keluarganya dengan cara-cara yang dianggapnya benar serta mengabaikan ajaran Yesus.
Para pejabat pemerintah bisa jadi melakukan apa saja yang menurutnya benar, melupakan rakyat yang notabene adalah pemilik negeri.
Di lingkungan biara, kongregasi, sekolah, organisasi kemasyarakatan dan lingkungan lainnya bisa terjadi hal yang sama.

Tuhan membuka kebun anggur untuk disewakan kepada para penggarap, bukan untuk diwariskan kepada para penggarap itu.
Disewakan artinya para penggarap mesti membayar kepada pemilik kebun sebagai uang sewa.
Tuhan tidak meminta uang sewa itu dibayar dimuka, melainkan memberikan kebebasan kepada penggarap, sampai tiba saatnya panen barulah penggarap menyisihkan sebagian dari hasilnya untuk membayar sewa.
Namun sayangnya, kebebasan yang diberikan Tuhan seringkali disalah-gunakan.
Ada juga orang yang beranggapan bahwa hasil panen itu ditentukan berdasarkan takdir, apa pun yang dilakukan tidak akan mengubah hasil panen karena telah ditetapkan sebelumnya, padahal jelas-jelas dari perumpamaan Yesus ini kita mengetahui bahwa Tuhan memasrahkan kebun anggur itu kepada kita, sama sekali tidak ada target yang dibebankan kepada para penggarapnya meskipun tentunya sebagai pemilik kebun berharap hasil yang sebanyak-banyaknya.

Agar bisa menghasilkan buah anggur yang banyak, Tuhan telah mempersiapkan kebun anggur itu dengan sebaik-baiknya.
Tuhan mendirikan pagar di sekeliling guna menangkal niat buruk dari pihak luar, entah itu pencuri atau hewan yang hendak memakan buah anggur.
Setebal apa pun tembok pagar yang mengelilingi kita akan menjadi sia-sia kalau kita sendiri tidak menjaganya, tidak disiplin mengunci pintu dan jendela sehingga niat buruk dengan mudah merusak kebun anggur itu.
Tuhan juga menyediakan lubang, dan tentunya dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan, untuk memeras anggur, untuk mengolah buah anggur menjadi anggur cair.
Tuhan telah menyediakan berbagai kemudahan bagai para penggarap untuk membantu mereka bekerja dengan baik.
Tuhan juga mendirikan menara jaga yang berfungsi ganda, di bagian bawah digunakan sebagai tempat penyimpanan hasil kebun, dan di bagian atasnya digunakan untuk memantau keadaan sekeliling.
Semakin tinggi kita berada, semakin luas pula kita bisa melihat situasi sekitar.

Marilah kita pelihara kebun anggur yang telah dipercayakan kepada kita.
Tuhan telah memberikan kebebasan penuh kepada kita untuk menggarapnya, bukan takdir, agar pada saatnya Tuhan sebagai pemilik kebun datang, kita tidak dibinasakan-Nya dan kebun anggur tidak diserahkan-Nya kepada penggarap lain.



Peringatan Orang Kudus
Santo Karolus Lwanga, Martir Uganda
Kebenaran dan keluhuran ajaran Yesus dibela mati-matian oleh para pengikutNya di mana-mana meskipun hal itu mengakibatkan kematian. Di Afrika, terutama di Uganda, pembelaan iman ini telah mengakibatkm pembunuhan banyak martir.
Penganiayaan dan pembunuhan atas orang-orang Kristen itu disebabkan karena ajaran Kristen dianggap sebagai perintah utama pelaksanaan adat-istiadat kafir di Uganda. Ketika itu, adat-istiadat di sana masih tergolong sangat primitif. Perdagangan budak, poligami dan pemerkosaan anak-anak dianggap hal yang biasa. Demikian juga pelestarian adat-istiadat dan animisme masih dianggap sebagai perkara budaya yang harus digalakkan.
Oleh karena itu kedatangan misionaris-misionaris Katolik pada tahun 1879 untuk mewartakan Injil Kristus dianggap sebagai penghalang keberlangsungan praktek adat-istiadat dan kebiasaan buruk di atas. Akibatnya, penguasa setempat melancarkan aksi pembunuhan terhadap para misionaris itu. Banyak juga pemuda-pemuda Uganda yang sudah menjadi Kristen dibunuh.
Karolus Lwanga adalah salah seorang anak yang melayani raja Muanga. Ia menggantikan kawannya Yosef Mukasa. Muanga dikenal sebagai raja yang bejat. la biasa memuaskan nafsu seksnya pada anak-anak lelaki yang melayaninya. Melihat kebejatan Muanga ini, Karolus Lwanga selalu bersikap hati-hati. Ia juga mengawaskan anak-anak Kristen lainnya agar tidak tercemar oleh perbuatan bejat Muanga.
Raja Muanga sangat benci terhadap ajaran-ajaran Kristen. Hasutan orang-orang Arab semakin menambah kebencian Muanga terhadap keluhuran ajaran iman Kristen sekaligus para misionarisnya. Anak-anak Uganda yang sudah menjadi Kristen tidak terlepas dari berbagai ancaman. Namun anak-anak ini semakin kuat imannya dan tidak menghiraukan segala bentuk ancaman itu.
Pada tanggal 25 Maret 1886, raja mendapati para pelayannya sedang mengikuti pelajaran agama dari seorang misionaris. Ia sangat marah dan lalu membunuh anak-anak itu. Keesokan harinya, ia mengumpulkan para ketua suku dan meminta pertimbangan mereka untuk menghukum anak-anak Kristen yang lain. Hal ini sama sekali tidak menggentarkan hati mereka. Mereka berani mati demi imannya.
Anak-anak Kristen yang belum dibunuh, termasuk di dalamnya Karolus Lwanga, ditangkap dan dipenjarakan. Karolus yang tertua segera mempermandikan dan mengajar mereka tentang ajaran-ajaran iman Kristen. Ia menguatkan hati mereka untuk menerima segala akibat yang paling buruk. Iman mereka teguh dan mereka bersedia menjalani hukuman bakar yang ditimpakan atas mereka.
Karolus dibunuh bersama kawan-kawannya demi membela iman Kristen. Mereka yakin bahwa Tuhan akan memberi mereka pahala di surga yang jauh lebih membahagiakan. Oleh Sri Paus Paulus VI, Karolus dinyatakan sebagai 'kudus' pada tahun 1964.


Santa Klotilda, Pengaku Iman
Klotilda adalah puteri Raja Burgundia, Ia menuntut dari calon suaminya, Raja Klodwing dari Franken yang masih kafir, supaya tetap diperbolehkan melaksanakan kewajiban agamanya. Ketika anak sulung mereka meninggal sesudah pembaptisannya, Klodwig suaminya hampir membatalkan janjinya. Namun berkat kesabaran dan kelemah-lembutan Klotilda, Klodwig bertobat menjadi Kristen setelah memenangkan pertempuran atas musuhnya. Klotilda meninggal dunia pada tahun 545.


Santo Kevin, Pengaku Iman
Puing-puing biara Glendalough di wilayah Wicklow, Irlandia, mengingatkan kita akan Santo Kevin, seorang rahib abad keenam. Konon beliau-lah yang mendirikan biara Glendalough yang terkenal itu. Umurnya kurang-lebih 120 tahun (498-618).
Ada berbagai versi cerita tentang Santo Kevin, namun semuanya tidak mempunyai nilai sejarah yang kokoh karena tak ada suatu tanggal pasti tentang masa hidupnya sendiri. Kemungkinan Kevin dididik oleh rahib-rahib dan kemudian ditahbiskan menjadi imam. Ketika menginjak usia dewasanya, ia memilih hidup sebagai pertapa di Glendalough, salah satu tempat yang paling indah di Irlandia. Menurut tradisi, ia tinggal di sebuah gua sempit di gunung Lugduf. Gua itu, yang masih ada sampai sekarang, dapat dicapai dengan sebuah perahu menyusuri sebuah danau yang ada di situ. Kevin hidup akrab dengan alam, makan ikan dan hasil-hasil hutan dan bersahabat dengan binatang-binatang liar.
Kehidupan Kevin yang keras sebagai pertapa berakhir ketika sekelompok orang mengetahui tentang keberadaannya dan mulai menyebarkan berita-berita tentang hidupnya di gua itu. Semenjak itu banyak orang datang untuk berguru padanya dan hidup bersamanya. Akhirnya lahirlah sebuah komunitas pertapaan di tempat itu. Demi kehidupan yang lebih baik, Kevin bersama murid-muridnya pindah dari gua itu dan mendirikan sebuah biara di lembah gunung Lugduf. Setelah kematian Kevin, Glendalough tetap merupakan pusat keagamaan dan pendidikan yang terkenal selama berabad-abad. Semenjak itu seorang uskup ditempatkan di Glendalough sampai tahun 1214, ketika Glendalough disatukan dengan takhta keuskupan Dublin.
Dewasa ini banyak wisatawan datang ke Glendalough untuk melihat bekas biara Kevin berupa sebuah bangunan biara, sebuah katedral dan beberapa buah gereja.  Glendalough merupakan salah satu tempat ziarah ramai di Irlandia.




https://liturgia-verbi.blogspot.co.id/