Liturgia Verbi 2018-05-02 Rabu.

Liturgia Verbi (B-II)
Hari Biasa Pekan Paskah V

Rabu, 2 Mei 2018

PW S. Atanasius, Uskup dan Pujangga Gereja



Bacaan Pertama
Kis 15:1-6

"Paulus dan Barnabas
pergi kepada rasul-rasul dan panatua-panatua di Yerusalem
untuk membicarakan soal-soal yang timbul di tengah jemaat."

Pembacaan dari Kisah Para Rasul:

Sekali peristiwa,
beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia
dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ.
"Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa,
kamu tidak dapat diselamatkan."
Tetapi Paulus dan Barnabas dengan keras melawan dan membantah pendapat mereka itu.
Akhirnya ditetapkan,
supaya Paulus dan Barnabas
serta beberapa orang lain dari jemaat itu
pergi kepada rasul-rasul dan penatua-penatua di Yerusalem
untuk membicarakan soal itu.

Mereka diantarkan oleh jemaat sampai ke luar kota,
lalu mereka berjalan melalui Fenisia dan Samaria,
dan di tempat-tempat itu mereka menceriterakan
pertobatan orang-orang yang tidak mengenal Allah.
Hal itu sangat menggembirakan hati saudara-saudara di situ.
Setibanya di Yerusalem mereka disambut oleh jemaat
dan oleh rasul-rasul dan penatua-penatua,
lalu mereka menceriterakan segala sesuatu
yang Allah lakukan dengan perantaraan mereka.

Tetapi beberapa orang dari golongan Farisi,
yang telah menjadi percaya,
datang dan berkata,
"Orang-orang bukan Yahudi harus disunat
dan diwajibkan untuk menuruti hukum Musa."
Maka bersidanglah rasul-rasul dan penatua-penatua
untuk membicarakan soal itu.

Demikianlah sabda Tuhan.



Mazmur Tanggapan
Mzm 122:1-2.3-4a.4b-5,R:1

Refren: Mari kita pergi ke rumah Tuhan dengan sukacita!

*Aku bersukacita, ketika orang berkata kepadaku,
"Mari kita pergi ke rumah Tuhan."
Sekarang kaki kami berdiri
di pintu gerbangmu, hai Yerusalem.

*Hai Yerusalem, yang telah didirikan
sebagai kota yang bersambung rapat,
kepadamu suku-suku berziarah,
yakni suku-suku Tuhan.

*Untuk bersyukur kepada nama Tuhan
sesuai dengan peraturan bagi Israel.
Sebab di Yerusalem ditaruh kursi-kursi pengadilan,
kursi-kursi milik keluarga raja Daud.



Bait Pengantar Injil
Yoh 15:4a.5b

Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu, sabda Tuhan.
Barangsiapa tinggal di dalam Aku, ia berbuah banyak.



Bacaan Injil
Yoh 15:1-8

"Barangsiapa tinggal di dalam Aku, dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak."

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dalam amanat perpisahan-Nya
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,
"Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya,
dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya
supaya berbuah lebih banyak.
Kamu memang sudah bersih
karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.
Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri,
kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur,
demikian juga kamu tidak berbuah,
jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya.
Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia,
ia berbuah banyak,
sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku,
ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering,
kemudian dikumpulkan orang
dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

Jikalau kamu tinggal di dalam Aku
dan firman-Ku tinggal di dalam kamu,
mintalah apa saja yang kamu kehendaki,
dan kamu akan menerimanya.
Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan,
yaitu jika kamu berbuah banyak,
dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku."

Demikianlah sabda Tuhan.




Renungan Injil
Paulus dan Barnabas datang kepada penatua-penatua di Yerusalem untuk membahas berbagai persoalan yang mereka hadapi dalam pewartaan kepada orang-orang non-Yahudi.
Ada yang sangat menarik untuk kita petik dari pengalaman Paulus dan Barnabas ini.

Pertama-tama kita mesti dapat membedakan antara: Sabda Allah, Dogma Gereja dan Adat Istiadat.
Sabda Allah berlaku untuk siapa saja, gak masalah bangsa, ras atau sukunya, gak masalah juga usianya atau gendernya.
Dogma Gereja juga berlaku sama bagi umatnya, terlebih bagi Katolik yang tersentralisasi di Vatikan.
Tetapi Adat-istiadat, ini masalah, "Lain lubuk lain ikannya".
Maka, ini yang patut kita syukuri, Gereja Katolik memahami permasalahan adat ini, dan pastinya telah belajar juga dari permasalahan yang dihadapi oleh Paulus dan Barnabas, maka ada kebijakan yang boleh diambil se tempat, mencakupi adat istiadat dan juga budaya, inkulturasi.
Perayaan "Tuan Ma" di NTT, atau "Misa Imlek" bagi suku Tionghoa, atau yang lain-lainnya, tentu tidak dapat diabaikan begitu saja.

Bangsa Non-Yahudi adalah bangsa yang tidak mengenal Allah.
Mereka tidak mengenal siapa itu Abraham, Musa atau Daud.
Lalu ujug-ujug mereka mesti menerima yang namanya "Yesus Kristus", yakni Tuhan yang erat kaitannya dengan Perjanjian Lama, tentulah menambahi kebingungan orang non-Yahudi.
Jujur saja, waktu saya kecil, Misa menggunakan bahasa Latin yang tidak jelas artinya bagi saya, mengapa saya mesti belajar bahasa Latin kalau hendak mengenal "Tuhan-nya" orang bule?  Begitu pemikiran saya waktu itu.
Bersyukur gereja segera memahami "masalah Paulus-Barnabas" terjadi juga di Indonesia.
Maka sekarang, di perkotaan Misa menggunakan bahasa Indonesia, dan di desa bolehlah menggunakan bahasa Daerah.

Sama, yang dialami oleh orang non-Yahudi, mengapa mesti sunat sih?
Masih banyak pertanyaan lain yang muncul dari kebingungan mereka.
Memang, para ahli Taurat telah banyak sekali menambah-nambahi hal-hal yang sesungguhnya tak perlu atau tak penting, menyuruh-nyuruh umat melakukan ini dan itu, yang ujung-ujungnya hanya menjadi beban bagi umat.

Paulus dan Barnabas telah berjasa besar mengungkap permasalahan "lain lubuk lain ikannya" ini.
Mereka berdua tidak menangkap ikan di kolam sendiri melainkan dilaut lepas, tentu jauh lebih sulit.
Dampaknya jelas sekali kita rasakan sekarang ini.
Kita bisa merasa lebih dekat dengan Allah Bapa kita, dengan Yesus, Roh Kudus, Bunda Maria dan yang lainnya, tanpa mesti merasa kalau "mereka" itu adalah orang asing bagi kita.



Peringatan Orang Kudus
Santo Athanasius Agung, Uskup dan Pujangga Gereja
Pembela terbesar ajaran Gereja Katolik tentang Tritunggal Mahakudus dan misteri Penjelmaan Sabda menjadi Manusia ialah Santo Athanasius, Uskup Aleksandria, Mesir. Athanasius lahir di Aleksandria, kurang lebih pada tahun 297 dan meninggal dunia pada tanggal 2 Mei 373. Beliau dikenal sebagi "Bapa Ortodoksi" karena perjuangannya yang besar dalam menentang ajaran-ajaran sesat yang berkembang pada masa itu.
Pada tahun 318, Athanasius ditahbiskan menjadi diakon, dan ditunjuk sebagai sekretaris Uskup Aleksandria. Dalam waktu singkat setelah tahbisan diakon itu, ia menerbitkan karangannya tentang rahasia Penjelmaan. Sebagai sekretaris Uskup, ia berhubungan erat dengan para rahib padang gurun, seperti Santo Antonius, sang pertapa dari Mesir. Athanasius sendiri tertarik sekali dengan kehidupan para rahib itu. Akhirnya dia sendiri pun meneladani cara hidup para pertapa itu dan menjadi seorang pendoa besar.
Menanggapi aliran sesat Arianisme, Athanasius bersama Uskupnya pergi menghadiri Konsili Nicea (sekarang: Iznik, Turki) yang diprakarsai oleh kaisar Konstantinus. Dalam konsili itu, Athanasius terlibat aktif dalam diskusi-diskusi mengenai Keallahan Yesus Kristus, Pribadi Kedua dalam Tritunggal Mahakudus.
Sekembali dari konsili itu, peranan Athanasius semakin terasa penting, terutama setelah meninggalnya Uskup Aleksander enam bulan kemudian. Sebagai pengganti Uskup Aleksander, Athanasius dipilih menjadi Uskup Aleksandria. Dalam tugasnya sebagai uskup, Athanasius mengunjungi seluruh wilayah keuskupannya, termasuk pertapaan-pertapaan para rahib. Ia mengangkat seorang uskup untuk wilayah Ethiopia. la memimpin keuskupannya selama 45 tahun.
Pada masa kepemimpinannya Arianisme mulai timbul lagi di Mesir. Dengan tegas Athanasius menentang Arianisme itu. Ia banyak menghadapi tantangan. Sebanyak lima kali ia terpaksa melarikan diri untuk menyelamatkan diri dari kepungan musuh-musuhnya.
Athanasius dikertal sebagai seorang uskup yang banyak menulis. Dengan tulisan-tulisannya ia berusaha menerangkan dan membela ajaran iman yang benar. Ia meninggal dunia pada tanggal 2 Mei 373.


Santo Boris, Raja dan Pengaku Iman
Boris adalah raja pertama Bulgaria yang menganut agama Kristen dan giat menyebarkan Injil. Sembilan tahun sebelum kematiannya, ia turun takhta dan menjadi biarawan. Boris dihormati sebagai santo nasional Bulgaria. Ia meninggal dunia pada tahun 709.


Santo Sigismund, Pengaku Iman
Raja Burgundia yang baru menjadi Katolik itu atas hasutan isterinya yang kedua menyuruh orang mencekik puteranya sendiri dari ratu pertama (yang sudah meninggal). Tidak lama berselang, ia bertobat sungguh-sungguh dan banyak berbuat amal. Sigismund dikalahkan oleh raja Frankem dan dibuang ke dalam sumur bersama anak-isterinya dan mati lemas pada tahun 524.




http://liturgia-verbi.blogspot.co.id/
https://www.facebook.com/groups/liturgiaverbi