Liturgia Verbi 2025-05-09 Jumat.

Liturgia Verbi (C-I)
Hari Biasa Pekan Paskah III

Jumat, 9 Mei 2025



Bacaan Pertama
Kis 9:1-20

"Orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku,
untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain."

Pembacaan dari Kisah Para Rasul:

Ketika pecah penganiayaan terhadap jemaat,
hati Saulus berkobar-kobar
untuk mengancam dan membunuh murid-murid Tuhan.
Ia menghadap Imam Besar, dan meminta surat kuasa daripadanya
untuk dibawa kepada majelis-majelis Yahudi di Damsyik,
supaya jika ia menemukan laki-laki atau perempuan
yang mengikuti Jalan Tuhan,
ia menangkap mereka dan membawa mereka ke Yerusalem.

Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu,
tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.
Ia rebah ke tanah,
dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya,
"Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?"

Jawab Saulus, "Siapakah Engkau, Tuhan?"
Kata-Nya, "Akulah Yesus yang kau aniaya itu!
Tetapi bangunlah dan pergilah ke dalam kota.
Di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat."
Maka termangu-mangulah temannya seperjalanan,
karena mereka memang mendengar suara itu,
tetapi tidak melihat seorang juga pun.
Saulus bangun dan berdiri, lalu membuka matanya,
tetapi ia tidak dapat melihat apa-apa.
Teman-temannya harus menuntun dia masuk ke Damsyik.
Tiga hari lamanya ia tidak dapat melihat
dan tiga hari lamanya ia tidak makan dan minum.

Di Damsyik ada seorang murid Tuhan bernama Ananias.
Firman Tuhan kepadanya dalam suatu penglihatan, "Ananias!"
Jawabnya, "Ini aku, Tuhan!"
Firman Tuhan, "Pergilah ke jalan yang bernama Jalan Lurus,
dan carilah di rumah Yudas
seorang dari Tarsus yang bernama Saulus.
Ia sekarang berdoa,
dan dalam suatu penglihatan ia melihat,
bahwa seorang yang bernama Ananias masuk ke dalam
dan menumpangkan tangannya ke atasnya,
supaya ia dapat melihat lagi."

Jawab Ananias,
"Tuhan, dari banyak orang telah kudengar tentang orang itu,
betapa banyak kejahatan yang dilakukannya
terhadap orang-orang kudus-Mu di Yerusalem.
Dan ia datang ke mari dengan kuasa penuh dari imam-imam kepala
untuk menangkap semua orang yang memanggil nama-Mu."

Tetapi firman Tuhan kepadanya,
"Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku
untuk memberitakan nama-Ku
kepada bangsa-bangsa lain, kepada raja-raja dan orang-orang Israel.
Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya,
betapa banyak penderitaan
yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku."

Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu.
Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya,
"Saulus, saudaraku,
Tuhan Yesus yang telah menampakkan diri kepadamu
di jalan yang engkau lalui,
telah menyuruh aku kepadamu,
supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus."
Dan seketika itu juga
seolah-olah selaput gugur dari matanya,
sehingga ia dapat melihat lagi.
Saulus bangun lalu dibaptis.
Dan setelah ia makan, pulihlah kekuatannya.

Saulus tinggal beberapa hari
bersama-sama dengan murid-murid di Damsyik.
Ketika itu juga ia memberitakan Yesus di rumah-rumah ibadat,
dan mengatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah.

Demikanlah sabda Tuhan.



Mazmur Tanggapan
Mzm 117:1.2,R:Mrk 16:15

Refren: Pergilah ke seluruh dunia, dan beritakanlah Injil.

*Pujilah Tuhan, hai segala bangsa,
megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa!

*Sebab kasih-Nya hebat atas kita,
dan kesetiaan Tuhan untuk selama-lamanya.



Bait Pengantar Injil
Yoh 6:56

Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku,
ia tinggal di dalam Aku, dan Aku di dalam dia, sabda Tuhan.



Bacaan Injil
Yoh 6:52-59

"Daging-Ku adalah benar-benar makanan,
dan darah-Ku adalah benar-benar minuman."

Inilah Injil Suci menurut Yohanes:

Di rumah ibadat di Kapernaum
orang-orang Yahudi bertengkar antar mereka sendiri dan berkata,
"Bagaimana Yesus ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan."

Maka kata Yesus kepada mereka,
"Aku berkata kepadamu,
sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia
dan minum darah-Nya,
kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu.
Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku,
ia mempunyai hidup yang kekal,
dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.

Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan,
dan darah-Ku adalah benar-benar minuman.
Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku,
ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.

Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku
dan Aku hidup oleh Bapa,
demikian juga barangsiapa yang memakan Aku,
akan hidup oleh Aku.
Akulah roti yang telah turun dari surga,
bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu
dan mereka telah mati.
Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya."

Semuanya ini dikatakan Yesus di Kapernaum
ketika Ia mengajar di rumah ibadat.

Demikianlah sabda Tuhan.




Renungan Injil
Ternyata kebingungan para murid dalam menanggapi pernyataan Yesus tentang *"Roti Hidup"* telah menimbulkan perpecahan di antara mereka. Sebagian menolak dan sebagian lainnya menerima. Yang menolak cenderung memakai logika jasmaniah: *"Masak kita mesti kanibal? Bagaimana Yesus ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan?"*

Terlebih lagi Yesus justru menegaskan, *"Daging-Ku adalah benar-benar makanan, dan darah-Ku adalah benar-benar minuman. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia."* Pernyataan ini jelas mengguncang akal sehat, apalagi bila dicerna secara harfiah dan jasmaniah.

Namun bagi yang percaya, mereka bertahan bukan karena mereka telah mengerti sepenuhnya, melainkan karena mereka yakin bahwa Yesus adalah Tuhan yang dapat melakukan segala sesuatu, termasuk hal-hal yang bagi manusia *mustahil* atau *tidak masuk akal*. Mereka bersandar bukan pada pengertian manusiawi, tetapi pada iman.

Demikian pula kita dalam mengikuti Ekaristi: saat menyambut Tubuh dan Darah Kristus, kita tidak sedang makan daging biasa atau minum darah secara harfiah. Kita menyambut Dia secara *rohani*, dan di sanalah terjadi persekutuan yang luar biasa: *Kristus tinggal di dalam kita dan kita di dalam Dia*.

Tujuan utama dari sakramen ini adalah kesatuan yang mendalam dengan Kristus. Bila kita mulai mempertanyakan satu saja dari ajaran-Nya dengan niat menolak atau meragukannya, maka itu bisa menjadi awal dari lunturnya iman kita. Sebaliknya, menerima dengan iman meski belum mengerti sepenuhnya, itulah tanda kepercayaan dan keterbukaan kepada karya ilahi.

Bacaan dari \[Kis 9:1-20] memberikan gambaran nyata tentang perubahan yang terjadi saat seseorang sungguh membuka hati kepada Allah. Saulus, yang awalnya menolak Kristus dengan keras—bahkan mengejar dan menangkap para pengikut-Nya—mengalami perjumpaan langsung dengan Tuhan. Ia menjadi buta secara jasmaniah, tetapi justru mulai melihat secara rohaniah. Setelah dibaptis, ia mulai *tinggal di dalam Kristus*, dan Kristus di dalam dirinya.

Transformasi Saulus menjadi Paulus mengajarkan kita bahwa tak ada orang yang terlalu jauh dari kasih dan rahmat Tuhan. Bahkan yang semula menolak, jika dibuka hatinya, bisa menjadi pewarta terbesar Injil.

Maka hari ini kita diajak:

* Jangan mengandalkan pengertian manusiawi untuk memahami perkara ilahi.
* Jangan takut untuk percaya lebih dahulu, lalu mengerti kemudian.
* Jangan mengeraskan hati seperti Saulus sebelum pertobatannya, tetapi biarlah kita seperti Paulus setelah bertobat: tinggal dalam Kristus dan hidup dari-Nya.

Apakah kita bersedia membuka hati untuk percaya penuh kepada Yesus, sekalipun ajaran-Nya kadang terasa "tidak masuk akal"? Apakah kita sungguh yakin bahwa dalam Ekaristi, kita benar-benar menerima Kristus sendiri, bukan sekadar simbol?



Peringatan Orang Kudus
Santo Sirilus dari Sesarea, Martir
Sirilus lahir di Kapadokia, Asia Kecil pada abad ke-3 dari sebuah keluarga kafir. Semenjak mudanya ia menjadi Kristen. Ayahnya yang kafir itu menyiksanya dengan berbagai cara agar dia bisa murtad kem­bali. Meskipun demikian ia tetap teguh memeluk imannya. Ia memang sedih namun bukan karena perlakuan kejam ayahnya melainkan karena ayah tidak sudi mengerti akan keputusan kehendaknya. Satu-satunya penguat hatinya ialah kata-kata Kristus ini: Tetapi ia mengetahui Sabda Yesus yang berbunyi: "Barangsiapa mengasihi ayah atau ibunya lebih dari Aku, tak layak ia bagiKu".
Perlakuan kasar ayahnya malah semakin menambah semangat iman­nya hingga berhasil menarik simpatik banyak temannya. Oleh karena itu ia diusir ayahnya dari rumah dan kemudian dihadapkan ke pengadil­an karena imannya. Sedikit pun ia tidak takut ketika diancam oleh hakim. Karena umurnya masih muda, ia dibebaskan dan diizinkan kem­bali ke rumah ayahnya untuk meminta maaf. Tetapi hal ini ditolaknya dengan tegas. Katanya: "Karena imanku, saya telah diusir dari rumah oleh ayahku. Saya meninggalkan rumah dengan gembira, sebab aku mempunyai tempat tiaggal lain yang lebih mulia yang sedang menan­tikan aku". Sekali lagi hakim mencoba mengubah pikiran anak muda itu. Sirilus diseret ke sebuah api unggun, seakan-akan hendak dibakar. Tetapi ia tak gentar sedikit pun. Sebaliknya, ia memprotes penundaan hukuman atas dirinya. Hakim merasa gagal mempengaruhi keputusan anak muda ini menjadi sangat marah dan menyuruh serdadu-serdadu memengal kepalanya.




https://liturgia-verbi.blogspot.com/